Sawatari memasuki Seireitei dan melihat Mayuri Kurotsuchi, kapten Skuad 12. Mayuri mencadangkan agar dia menjadi bahan uji kaji untuk eksperimen, tetapi Sawatari menolak dan menyerang Mayuri menggunakan Patung Baura.