Muramasa muncul dan menjelaskan cara dia membebaskan Zanpakuto dari Dewa Maut dan berikannya bentuk fizikal. Muramasa kemudian menyerang dan dalam pertarungan, Zangetsu dibebaskan. Tanpa Zanpakuto, Ichigo kalah di tangan Getsugatensho Zangetsu.