Eksperimen Mayuri Kurotsuchi dan Gegetsuburi Omaeda menunjukkan Zanpakuto tak boleh kembali ke bentuk pedang jika dikalahkan oleh orang lain. Ichigo mula mengatasi Muramasa, tapi pertarungan terganggu oleh kemunculan Senbonzakura, Zanpakuto Byakuya.